Jembatan Merah Putih-By PU

Bina Marga Untuk Menyatukan Indonesia

70 tahun bukan waktu sedikit menjalani proses demi proses, perkembangan demi perkembangan, masalah demi masalah, hambatan demi hambatan, dan solusi demi solusi. Di balik setiap perjalanan selalu ada jatuh bangun serta cerita di balik keberhasilan. 70 tahun ialah kumpulan waktu kematangan yang dimiliki seseorang ataupun organiasasi. 70 tahun adalah usia Bina Marga yang merupakan bagian dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

“Pekerjaan umum” sebenarnya terjemahan dari bahasa Belanda “Openbare Warken” dan digunakan di tahun 1942, saat Jepang mulai menduduki Indonesia. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan Pekerjaan Umum (PU) saat itu :

  • Jalan raya/umum, jembatan, pengawasan lalu lintas
  • Irigasi, assaimering (penyaluran air berlebih/tergenang untuk kepentingan kesehatan), dan air minum
  • Bangunan pemerintah
  • Pengaturan pengairan umum, pengendalian air sungai, muara, danau, dan mata air
  • Pembangkit tenaga air untuk listrik
  • Lapangan terbang sipil
  • Bangunan dermaga

Berjalannya waktu yang diikuti setiap perkembangan dan perubahan, PU memiliki Departemen Bina Marga yang khusus mengurus infrastruktur antar kota dan daerah. Pekerjaan-pekerjaan PU lainnya pun mempunyai departemen sendiri sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Proyek terbaru yang dibangun Bina Marga: pembangunan jembatan Merah Putih di Ambon, Maluku. Jembatan yang dibangun di atas Teluk Ambon  dengan tujuan untuk menghubungkan Bandara Pattimura dan Kabupaten Maluku Tengah. Proyek jembatan Merah Putih memang belum selesai 100%, namun diperkirakan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Dengan panjang jembatan 1,02 km, 300 m di atas Teluk Ambon, lebar 23 m, dan tinggi 35 m, infrastruktur di Ambon akan menarik jumlah wisatawan untuk datang ke negeri cantik yang dikelilingi laut ini.

Jembatan Merah Putih hanya satu contoh dari seluruh pembangunan infrastruktur yang dilakukan oleh Bina Marga. Infrastruktur memang telah menjadi isu di negeri ini – hampir setiap daerah Indonesia mempunyai kendala pada infrastuktur. Padahal dengan adanya infrastruktur, ekonomi, pendidikan, teknologi, listrik, air, wisata, dan bidang lainnya, dapat memajukan dan meningkatkan pendapatan, juga sumber daya manusianya. Indonesia bisa lebih maju dari negara lainnya. Bina  Marga, salah satu perangkat yang berproses dalam kemajuan Indonesia. Perannya sangat besar dan diperhitungkan. Dan membutuhkan pandangan serta pemikiran postif rakyat Indonesia.w

Walaupun, setiap perubahan dan perkembangan mempunyai dampak positif dan negatif dan pro dan kontra tapi inilah bagian dari proses. Apa yang dilakukan Bina Marga di bidang infrastruktur sejak tahun 1973, bisa dikatakan menyatukan Indonesia. Sebabnya: setiap proyek mempunyai tujuan sebagai penghubung yang memberikan kemudahan, kelancaran, kecepatan waktu, dan penyambung persaudaraan.

Para manusia yang berdiri di Bina Marga patut diberikan apresiasi tinggi. Apa pun yang menjadi tubuh Bina Marga layak merayakan hari ulang tahun yang bukan ulang tahun biasa. Merayakan hari kelahiran seraya merenungkan perjalanannya. Merangkai inspirasi untuk menyambungkan Indonesia – menyatukan negeri.

Sebagai pemakai jalan bebas hambatan pasti merasakan kemudahan dengan hadirnya pembangunan Bina Marga. Rasanya tak perlu lagi menyebutkan satu per satu manfaat atau apa saja yang didapat dari rakyat sebagai pengguna. Semoga Bina Marga terus menelurkan inspirasi dan membangun negeri sampai ke pelosok untuk menyatukan Indonesia. Menyatukan segala kendala menjadi satu kemudahan. Menyatukan yang tak kenal menjadi saling kenal. Menyatukan rakyat yang sebelumnya tak pernah berkunjung menjadi saling mengunjungi. Menyatukan yang dulunya enggan menjadi saling jatuh cinta tuk bersatu.

Happy Birthday  Bina Marga.  Semoga Terus Membangun Indonesia Untuk Rakyat Indonesia

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s