Menghembus Jaringan Internet Secepat Kilat

[/caption]

“Jika ingin merasakan 4G tanpa ganti Hp, ya pakai Andromax.” – Sukotjo, Smarfren

Smartfren bekersama dengan LG Innotek meluncurkan produk baru MiFi Andromax M2S 4G LTE. Saya pun berkesempatan mengunjungi pabrik LG Innotek di Cikarang pada tanggal 17 September 2015- yang memproduksi perangkat MIFi Andromax M2S. Hampir semua komponen produk Andromax M2S  diproduksi oleh negeri sendiri, kecuali USB, Baterai, dan Charger. MiFi Andromax M2S 4G LTE (Long Term Evolution) adalah modem yang dikeluarkan Smartfren dan katanya mampu melesat dengan kecepatan tinggi. Selain cepat, produk yang simple dan bisa dibawa ke mana-mana ini menggunakan Chipset Qualcomm MDM 9320 yang bisa menstabilkan jaringan. Sehingga jika kita ingin menonton video  melalui streaming seperti di Youtube, kita tidak perlu khawatir – tidak buffering. Modem ini hadir dengan pilihan 3 warna menarik: hitam, biru, dan merah. Dapat terkoneksi secara bersamaan dengan 15 pengguna. Memang lebih sedikit dari jumlah koneksi modem Andromax keluaran sebelumnya (M2Y dan M2P) yang terkoneksi 32 pengguna.

Sebelum melanjutkan pembahasan berikutnya, saya menulis posting-an ini menggunakan Modem MiFi Andromax M2S. Sengaja saya lakukan untuk menguji secepat apa modem ini dapat “terbang” dan se-efektif apa digunakan bila terhubung dengan 3 smartphone, 1 Ipad, dan 1 Laptop Windows yang saya nyalakan bersamaan. Saat menulis pun saya memutar Soundcloud dan movie di Youtube. Koq bisa, ya nulis sambil nonton? Bisalah. Dalam hitungan 30 menit, modem tipe  ini masih berjalan baik, walau dengan quota 0 (nol).

 

LG Innotek dalam memproduksi Andromax M2S

Pabrik LG Innotek yang berdiri di atas lahan seluas 33.600m2 -bangunan 25.125m2, dengan jumlah 300 orang staf memproduksi produk utamanya, yaitu Tuner, WiFi, dan MiFi. Tahun depan, rencananya LG Innotek akan ekspansi memproduksi “electronic self label”. LG Innotek dalam memproduksi produk-produknya mengunakan perangkat luar negeri sebesar 70% dan perangkat lokal 30%. Awal memproduksi Andromax M2S sebanyak 2000 unit, namun saat ini mereka telah memproduksi sejumlah 10.000 unit per harinya. Target mereka pun akan ditingkatkan menjadi 15.000 unit per hari.

  

Butuh waktu 3 bulan mengerjakan produk Andromax tipe ini dengan 20 tahapan dari routing, assembly, TKDN (Total Kandungan Dalam Negeri), barcode, dan tahapan lainnya (termasuk kedatangan komponen), sampai ke packaging. Baterai yang terdapat di dalam modem MiFi Andormax M2S mengunakan batere polymer yang bisa tahan sampai 300 jam (non-aktif) dan mampu tahan 10 jam bila digunakan non-stop tanpa charger.

Para Staf LG Innotek mengerjakan proses MiFi Andromax M2S berada di dalam 1 ruangan. Human error pun selalu diawasi dengan 1% produk error. Mereka menerapkan target Zero Defect Part Per Million – menunjukan tipis kemungkinan menghasilkan produk error – malah, bisa dikatakan zero (nihil) produk yang  cacat.

LG Innotek kali pertama bekerjasama dengan brand local langsung (Smartfren), biasanya 85% mereka menjual atau men-support produk dari brand sendiri, seperti India, semua benua kecuali Australia, dan Afrika. Proses penjajakan kerjasama pun berlangsung 1 tahun antara LG Innotek dan Smartfren. Keduanya optimis produk modem tipe ini sukses di pasaran.

Smartfren Tentang MiFI Andromax M2S

Menurut Bapak Sukotjo dari Smartfren, pengguna bisa full streaming selama 9 jam dan meng-download file besar menggunakan MiFi Andromax M2S. LTE dan WiFi-nya terpasang antena 2T2R (2 transmitter dan 2 receiver), TDD LTE Band 40 (2300 Mhz) (untuk global roaming, Eropa dan Afrika), dan FDD LTE Band 5 (850Mhz) (untuk frekuensi global roaming). Sedangkan Chipset Qualcomm MDM 9320 berfungsi agar kinerja dapat lebih stabil, hemat energi dan cepat. Modem mobile  Andromax M2S sudah bisa meng-cover jaringan 3G di kota-kota besar di Indonesia dan seluruh Jakarta. Bila menemukan coverage CDMA, 4G dapat berjalan. Jika terjadi naik-turun itu hal biasa karena teknologi baru, namun Smartfren akan terus mengoptimalisasinya.

 

Smarfren menargetkan 1 juta pembeli MiFi Andromax M2S dalam setahun dari 13 juta pelanggan Smartfren. Respon penjualan dalam waktu 1 bulan ini pun cukup bagus. Kelebihan MiFi Andromax M2S dibanding produk lain ialah konsumen tidak perlu mengganti smartphone/laptop/PC/Tablet untuk merasakan koneksi internet secepat kilat, luas, dan stabil, meski gadget belum terkoneksi 4G. Minggu depan, MiFi ini sudah bisa dibeli di toko-toko gadget dengan harga Rp. 499.000,- (free data 4.5GB). Produk ini pun memberikan kemudahan mengganti SSID, password, pengaturan APN dan isi pulsa.

Opini saya

Bapak Sukotjo mengatakan jika quota habis, konsumen masih bisa menggunakannya dalam batas maksimal 2 hari dengan kecepatan yang disesuaikan. Apa yang diucapkan memang benar. Buktinya quota saya hanya 0 (nol), sudah 5 jam lebih, dan  menyalakan Youtube, Soundcloud yang lancar jaya. Tidak buffer, tidak tersendat-sendat, dan tidak naik-turun. Saya gunakan Andromax M2S di rumah. Tapi saya belum tahu jika saya gunakan di luar rumah atau di luar kota, misal di Bali. Pengalaman saya di Bali, kita tidak bisa menggunakan  1 provider saja untuk melancarkan kegiatan internet kita. Dalam 1 km saja, kecepatan dan kestabilan jaringan bisa berubah –  provider B bisa bagus, padahal sebelumnya provider A berjalan cepat dan baik (hanya melangkah 1 km, porvider A menjadi seok). Nah pastinya saya akan menguji MiFi Andromax M2S (yang bentuknya kecil dan bisa dibawa ke mana-mana) saat berada dan bekerja di Bali.

Saya memiliki Modem dari merk lain yang juga mampu melesat cepat, saya akan bandingkan mana yang lebih menguras quota, modem yang saya punya sebelumnya atau Mifi Andromax M2S?

Klasifikasi MiFi Andromax M2S

  • Mobile WiFi LTE cat4 (fungsi: surfing speed)
  • Chipset Qualcomm MDM 9320
  • Terkoneksi dengan tablet, PC, Smartphone dan perangkat WiFi lainnya
  • Support WiFi 2.4Ghz
  • Terkoneksi 15 pengguna dengan waktu yang bersamaan
  • Support Mobile WiFi App (untuk setting lebih ringkas), Mylink M2S yang bisa diunduh di Google Play Store dan Apple App Store
  • Baterai 2000mAh (maksimum 10 jam waktu kerja LTE dan 300 jam wakti siaga.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s